Gurami Asam Manis

Gurami Asam Manis
Ikan Gurami ialah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan, tidak terkecuali Indonesia karena ikan gurami  memiliki daging yang padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Biasanya ikan gurami ini dibakar atau digoreng biasa, nah bagi disini saya mempunyai resep yang cukup sederhana dan mudah untuk mengolah ikan gurami selain dibakar dan digoreng biasa, yaitu asam manis gurami, tapi sebelumnya yuk mari kita kaji terlebih dahulu apa saya kebaikan ikan gurami ini bagi tubuh kita..

Kandungan dalam ikan gurami yang bermanfaat bagi tubuh :
1.  Membantu Perkembangan Otak
Keunggulan nutrisi yang hanya dihasilkan oleh golongan pisces adalah adanya asam lemak omega 3. Fungsi dari omega 3 sendiri sangat baik untuk perkembangan sel otak, apalagi untuk usia anak-anak.

2.  Meminimalisir Kemungkinan Penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang biasanya dialami pada usia tua, atau biasa disebut penyakit menua. Beberapa penyakit yang termasuk degenerative adalah jantung koroner, tekanan darah tinggi, serta kanker.

3.   Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kwashiorkor
Penyakit kwasiokhor atau lebih dikenal sebagai penyakit busung lapar yakni penyakit malnutrisi protein yang biasanya menjangkau pada anak-anak.

4.   Mempercepat Penyembuhan Luka
Protein pada ikan air tawar digunakan tubuh sebagai unsur fibrinogen dan tromboplastin. Fungsinya untuk membantu pembekuan darah jika terjadi luka.

5.   Mencegah Marasmus
Salah satu kekurangan gizi yang paling kerap anda temui pada usia balita (usia 0-2 tahun) adalah marasmus. Yakni retardasi pertumbuhan tubuh dan kurangnya lemak serta otot dibawah kulit

Itu dia sekilas tentang manfaat dari ikan gurami dan dibawah ini merupakan resep dari Gurami asam manis yang sangat mudah dan sederhana..

Bahan - bahan :
1. Gurami 3ekor ukuran sedang
2. 4 bawang putih
3. 3 bawang merah
4. 1 bawang prei
5. 1 bawang bombay
6. 3 tomat ukuran sedang
7. 4 cabai merah
8. garam secukupnya
9. gula secukupnya
10. penyedap rasa
11. kecap manis

Cara membuat :
1. Pertama cuci bersih ikan gurami, kemudian goreng sampai warnanya keemasan
2. siapkan bumbu - bumbu seperti bawang putih, bawang merah, bawang prei,  bawang bombay dan cabai merah lalu Cincang halus.
3. tomat potong dadu kecil
4. siapkan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang telah disiapkan tadi
5. tumis bumbu yang ada dilangkah kedua terlebih dahulu hingga baunya tercium harum
6. beri sedikit garam dan gula sesuai selera, tumis bersamaan dengan bumbu
7. tambakan tomat, setelah itu beri kecap tumis sebentar beri air secukupnya
8. tunggu hingga agak mengental
9. Siramkan diatas ikan gurami yang telah digoreng tadi
10. kemudian sajikan

Itu dia resep dari saya dari olahan ikan gurami yaitu gurami asam manis, dan semoga menambah pengetahuan anda tentang ikan gurami baik untuk kesehatan semoga bermanfaat dan semalat mencoba...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gurami Asam Manis"

Posting Komentar